Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awal Mula Ngebloger

Awal mula ngebloger, tadinya saya hanya iseng-iseng aja buat blog untuk pribadi, yang menceritakan tentang touring atau kegiatan perjalanan bersama teman-teman ditempat saya bekerja.

Awal Mula Ngebloger

Lalu saya membaca-baca, sebuah artikel tentang sebuah bloger, yang menulis tentang cara bagaimana membuat blog yang benar.
Blognya sendiri yang pertama kali saya kunjungi adalah blognya Om indra, beliau tinggal didaerah bogor, tepatnya di jl. Taman malabar, babakan madang.

Dan dari sebuah artikel, saya melihat banyak banget artikel tentang optimasi sebuah blog dan cara-cara membuat artikel, begitu juga cara menentukan sebuah keywords yang benar seperti apa, ada juga cara menentukan template yang bagus untuk kecepatan loadingnya.

Cara membuat kolom komentar menggunakan plaform disqus, cara optimasi SEO, dan masih banyak lagi yang saya pelajari dari trik-trik yang om indra tulis diblognya, hingga pada akhirnya saya penasaran dengan artikel tentang cara pasang template premium yang disediakan diblognya om indra secara gratis.

Template Pertama Awal Ngeblogger 

Pilihan pertama yang saya gunakan adalah template jetheme yang ada diblog om indra, saya pelajari dari cara memasang template tersebut, hingga menggubah logo template jetheme menjadi logo blog saya sendiri, dan cara menambahkan widget.

Semakin lama saya tertarik dengan blog, saya pelajari lagi semua tentang cara-caranya diblog om indra, lalu saya melihat halaman situsnya om indra kok bisa menjadi www.indrak.eu.org. saya jadi kepingin blog saya halaman situsnya menjadi nama saya.

Akhirnya saya menemukan beberapa artikel om indra yang mengarah ke channel youtubenya, tidak pakai lama-lama, saya langsung klik untuk menonton youtubenya. Ternyata dichannel youtubenya om indra lebih jelas lagi tentang bagaimana cara membuat blog dan optimasi sebuah blog agar bisa masuk dimesin pencarian google.

Setiap hari sewaktu saya senggang dalam pekerjaan saya selalu menonton video-video youtube om indra, tanpa ada satupun yang terlewatkan, menurut saya beliau adalah suhu saya, karena om indra kalau kasih materi pembahasan tentang blog beliau gak tanggung-tanggung langsung buka-bukaan secara gratis.


Ngeblogger Pakai Domain Murah


Nah selanjutnya saya mendapatkan pelajaran tentang cara mendapatkan domain gratis dan domain yang murah, yang bisa digunakan dibloger dan bisa untuk didaftarkan ke google adsense, kalau belum tau google adsense kalian bisa cari saja digoogle.

Template oreo, salah satu yang diberikan secara gratis juga sama om indra diblognya, template ini bisa dikatakan premium karena telah saya lihat sendiri untuk kecepatan loading nya sangat cepat. Template ini juga saya gunakan diblog saya www.rogger.my.id dan menggunakan domain murah

Semakin hari saya semakin memahami tentang bagaimana membuat blog dan tentang cara menulis artikel yang benar, akhirnya semua tidak sia-sia selama saya mempelajarinya semua beberapa artikel saya bisa masuk page one digoogle.

Itu semua saya rasakan kurang cukup, lalu saya melihat video youtube om indra lagi tentang cara membuat backlink, nah apa lagi ini backlink ora mudeng saya. Tapi saya tidak bosan untuk menonton video youtube om indra, sampai saya mengerti apa itu backilnk dan bagaimana cara membuatnya.

Baca Juga :





Nah buat sobat yang ingin belajar bagaimana cara membuat blog, silakan tonton video youtube om indra nama channelnya.

Semua itu saya lakukan hanya menggunakan hp android saya tidak punya laptop atau komputer. Dari cara mengedit template, cara membuat backlink, memperbaiki html template yang error, semuanya menggunakan hp android.


Keimpulan :

Banyak pembelajaran yang sangat bermanfaat yang saya dapatkan dari om indra, yang tadinya saya tidak bisa apa-apa hingga saya mengerti tentang membuat blog dan lain sebagainya. Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas materi dan pembelajaran yang om indra berikan kesaya, tanpa ada biaya seperakpun. Semoga om indra sehat selalu dan tetap menjadi orang yang baik seperti saat ini.

Referensi :


Itulah cerita saya tentang bagaimana cara membuat blog.
Semoga bermanfaat untuk sobat semua, keterbatasan alat bukan penghalang untuk meraih kesuksesan. Selagi mau belajar semua pasti ada jalan.