Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Macam Jenis Mobil Dan Contohnya Yang Ada Di Indonesia

10 Macam jenis Mobil Yang Perlu Agan Ketahui. Untuk agan-agan yang berniat membeli mobil, ada baiknya untuk tahu terlebih dahulu tentang berbagai ragam dan fungsinya. Agar nantinya akan bisa menyesuaikan mobil mana yang akan dibeli dan cocok dengan selera dzuragan. Saat ini sendiri ada banyak jenis mobil yang bisa agan pilih.

Mobil


Macam Jenis Mobil dan Contohnya

mobil itu sendiri dibedakan berdasar fungsi dan juga bentuknya. Selain itu setiap macam jenisnya juga memiliki perbedaan pada karakteristiknya. Inilah beberapa jenis mobil yang beredar dipasaran Indonesia dan bisa menjadi pilihan untuk agan-agan :


1.Mobil Sport 

Seperti namanya maka tampilan mobil ini sangat sporty. Ini merupakan mobil yang banyak menjadi impian banyak orang. Mobil ini juga merupakan mobil yang cocok untuk kamu yang ingin tampil beda dan berkesan elegant.
Salah satu ciri khas dari mobil ini adalah desain dan fitur yang sangat mewah dan biasanya merupakan versi terbaru dan terbaik.

Mobil Sport

Selain masalah desain, salah satu daya tarik dari kendaraan ini adalah tenaganya yang cukup besar. CC yang besar dan sanggup diajak berlari dengan kecepatan tinggi. Berikut tipe mobil yang termasuk mobil sport antara lain :

Tesla Roadster
BMW M3
Mazda RX-9
Ford Mustang
Porsche 911 Hybrid
Nissan GT-R
Volkswagen
Golf R
Chevrolet Corvette C8 Z06
Ferarry Aventador.


Beberapa tipe mobil di Indonesia yang termasuk kedalam mobil SUV antara lain :


2. Mobil SUV

Mobil SUV

SUV atau sport utility vehicle merupakan jenis mobil yang banyak penggunanya saat ini. daya tarik dari kendaraan ini adalah penggunaanya yang bisa di segala medan. Mobil ini dirancang dengan memadukan kenyamanan, tenaga mesin, dan juga fleksibilitas untuk menembus berbagai macam medan. Selain torsi mesin yang besar, mobil ini juga memiliki tampilan yang gagah. 

Toyota Rush
Honda HR-V
Wuling Almaz
Toyota Corolla Cross
Suzuki XL7
Hyundai Kona Electric
Mitsubishi Pajero Sport
Toyota Fortuner
Honda CR-V
BMW X13.


3. Mobil Convertible

Mobil Convertible

Jenis mobil ini juga dikenal dengan nama mobil cabriolet. Ciri khas dari kendaraan ini adalah atapnya yang bisa terbuka atau tertutup. Ciri khas lain dari mobil ini adalah bodynya yang kecil. Ini merupakan mobil yang cocok untuk agan yang suka jalan-jalan dengan jumlah orang yang kecil. Berikut ini adalah contoh mobil Convertible di Indonesia :

Porsche 718
Porsche 911
Aston Martin
Vantage Aston
Martin Vanquish
Rolls Royce
Phantom
Bentley Continental
Daihatsu Copen
Maserati Gran Cabrio
BMW 4 Series
Convertible
Fiat 500cc
Lamborghini Aventador
Mercedes Benz SL-ClassMini Convertible
Mercedes Benz AMG GT
Mazda MX 5 RF


4. Mobil Coupe

Mobil Coupe

Nama jenis mobil ini sendiri berasal dari kata couple. Seperti namanya maka ciri khas dari mobil ini jumlah jok penumpangnya yang hanya dua. Meski begitu, harga mobil ini biasanya cukup mahal. Secara desain, mobil ini akan mudah terlihat dari desain atap yang agak condong ke belakang. Mobil ini juga biasanya memiliki tenaga besar layaknya sport car.

Audi R8
BMW 4 Series Coupe
Audi TTS Coupe
Mercedes Benz CLS-Class
Audi TT Coupe5.


5. Mobil Hatchback

Mobil Hatchback

Untuk agan yang sudah memiliki keluarga dan juga sering jalan-jalan dengan membawa barang maka mobil ini merupakan jenis mobil yang cocok. Ciri khas dari kendaraan ini bagasinya yang dibuat seperti kabin. Konfigurasi kabin ini juga sangat fleksibel, bisa untuk penumpang namun bisa juga untuk barang. Salah satu daya tarik dari mobil ini adalah dimensi yang luas namun tetap lincah.


Mobil ini cocok untuk keluarga yang ada di perkotaan. Performanya cukup bisa diandalkan untuk kegiatan harian dan dimensinya yang cukup luas bisa diandalkan pada saat jalan-jalan dengan keluarga. Beberapa contoh mobil hatcback di Indonesia antara lain :

Toyota Agya
Honda Brio
Suzuki Baleno
Honda Jazz
Suzuki SX4 S-Cross
Toyota Yaris
Mazda 2
Nissan March
Daihatsu Sirion6.


6. Mobil MPV 

Mobil MPV

Mobil MPV merupakan kependekan multi purpose vehicle yang merupakan mobil yang serba guna. Ciri khas mobil ini adalah dimensinya yang sangat luas sehingga bisa untuk berbagai keperluan, dapat memuat banyak penumpang dan memuat banyak barang.


Jenis mobil ini juga cocok dijadikan sebagai mobil keluarga, biasanya terdiri dari 7 kursi dan memiliki bagasi yang cukup luas untuk menaruh barang-barang. Beberapa contoh mobil MPV di Indonesia antara lain sebagai berikut :


Toyota Avanza
Daihatsu Xenia
Toyota Kijang Innova
Mitsubishi Xpander
Toyota Calya
Honda Mobilio
Wuling Confero
Suzuki Ertiga
Nissan Serena


7. Mobil Sedan

Mobil Sedan

Mungkin ini merupakan jenis mobil yang paling kamu kenal. Ini merupakan jenis yang banyak penggunanya juga di Indonesia. Selain nyaman dan juga memiliki tenaga yang cukup besar, mobil ini juga memiliki bagasi yang bisa memuat cukup banyak barang.


Saat ini mobil jenis ini juga tersedia dengan banyak pilihan, dari mulai mini, medium, sampai luxury. Ini merupakan mobil yang cocok untuk kamu yang tinggal di perkotaan dan memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Contoh Mobil Sedan di Indonesia antara lain :


Toyota Vios
Honda City
Honda Civic
Toyota Corolla Altis
Honda Accord
Toyota Camry
Mazda 6
BMW Seri 3
Merceden Benz C-Class
Hyundai Ionic Electric


8. Mobil Of Road

Mobil Of road

Untuk kamu yang suka dengan petualangan maka mungkin sudah tidak aneh dengan mobil jenis ini. Ciri khas dari mobil ini adalah empat rodanya yang bisa bergerak, atau dikenal juga dengan nama four wheel drive. Secara tampilan, mobil ini juga memiliki desain yang cukup tinggi dan peruntukannya adalah untuk kondisi jalanan yang rusak.


Meskipun saat ini penggunaan kendaraan seperti ini sudah banyak kamu temukan di tengah kota, namun sebenarnya mobil ini merupakan kendaraan untuk kawasan jalanan yang rusak, tanah, bergelombang, dan tidak rata. Daya tariknya adalah memberikan kenyamanan bagi pengendara meskipun melewati jalanan yang sangat tidak baik.

Contoh mobil of road :

Land Rover
Defender
Jeep Wrangler
Toyota Land Cruiser
Mercedes Benz G-Class
Ford Ranger Raptop
Land Rover Discovery
Bowler Bulldog
Suzuki Jimny
Isuzu D-Max AT35
Ariel Nomad


9. Mobil Double Cabin

Mobil Double Cabin

Untuk kamu yang membutuhkan mobil yang pas untuk perjalanan jauh dan muat untuk banyak barang, maka mobil jenis ini adalah pilihan yang sangat pas. Mobil double cabin ini merupakan mobil dengan tenaga yang sangat besar dan juga kapasitas bagasi yang luas. Mobil ini juga cocok untuk perjalanan yang melewati jalanan tidak cukup bagus. Contoh mobil double cabin di Indonesia :

Toyota New Hilux
Mitsubishi New Triton
Ford Ranger
Izuzu D-Max
Nissan Navara


10. City Car

Saat ini, jenis mobil yang juga banyak peminatnya adalah city car. Seperti namanya, ini merupakan mobil yang penggunaanya memang untuk orang di perkotaan yang membutuhkan mobilitas tinggi dan cepat.

City Car

Daya tarik utama dari mobil ini adalah manuvernya yang cukup bisa diandalkan, sehingga orang bisa mengejar banyak waktu. Mobil ini juga biasanya memiliki desain compact dengan jumlah penumpang yang maksimal 5 orang.

Seperti namanya, mobil ini cukup bisa diandalkan untuk mobilitas dalam kota namun cukup riskan jika untuk perjalanan antar kota. Dimensinya yang tidak terlalu besar membuat tidak nyaman jika penggunaanya untuk perjalanan jauh.

Baca Juga :



Itulah beberapa jenis mobil yang perlu agan-agan ketahui. Mengetahui jenis mobil tersebut akan berguna untuk menentukan mobil mana yang pas dengan selera.
Agan bisa melihat bagaimana kebutuhan sendiri akan mobil, lalu membandingkan jenis mana yang paling sesuai dengan keinginan.
Semoga Bermanfaat, Terima Kasih