Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

Mobil mesin diesel mulai disukai oleh masyarakat, karena jenis mobil ini dianggap efektif bahan bakar dan lebih kuat untuk menangani medan yang curam dan naik. Untuk teman-teman pecinta dari mesin diesel, pasti sudah tahu bahwa mesin diesel menawarkan kemampuan dan karakteristik yang berbeda dari mesin bensin. Torsi yang ditawarkan oleh mobil mesin diesel cukup melimpah dan menyenangkan.

Cara Merawat Mobil Diesel


Merawat mesin diesel

Apa pun mobil yang dibutuhkan untuk mobil sehingga siroda empat selalu dalam kondisi optimal dan siap untuk dikendarai. Berikut adalah 5 cara untuk mempertahankan kinerja mobil mesin diesel untuk selalu optimal dan siap selalu untuk, dugunakan kemanapun


Panaskan mesin terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan teman yang menyukai mesin diesel, sebelum aktivitas menggunakan mobil mesin diesel menyalakan mesin selama lima menit untuk memberikan kesempatan bagi bagian-bagian mesin pelumas minyak dan bagian turbocharger. Pelumas mesin membantu sistem kerja komponen mobil mesin diesel tetap halus meskipun mereka menggosok. Dengan demikian, usia mesin pasti lebih lama.


Gunakan minyak yang direkomendasikan

Langkah kedua ini membutuhkan untuk teman yang menyukai mesin diesel, ingat, karena setiap mesin memiliki karakternya sendiri. Jadi yang terbaik adalah menggunakan pelumas yang disarankan sesuai dengan produsen mobil untuk menjaga kebugaran mesin diesel favorit.


Gunakan bahan bakar yang tepat

Bahan bakar seperti nutrisi yang diterima oleh mobil mesin diesel. Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan dengan konten sulfur di bawah 300 ppm (misalnya Pertamina Dex). Bahan bakar yang tepat akan menghasilkan gas buang yang rendah.


Bersihkan injektor secara teratur

Mesin diesel modern biasanya dilengkapi dengan teknologi injektor common-rail. Fitur ini akan membuat mobil menghemat bahan bakar dan dapat meningkatkan kekuatan mesin. Perawatan dan pembersihan injektor secara teratur akan membuat mesin diesel lebih tahan lama tanpa perlu takut biaya mahal. Pastikan untuk membersihkan injektor di bengkel resmi, teman garasi.


Jaga mobil secara teratur

Setiap mobil pasti membutuhkan pemeliharaan rutin untuk menjaga kondisi mesin stabil meskipun mobilnya masih baru. Kunjungi dealer dan lokakarya terdekat, dan kenali layanan garansi dan layanan yang ditawarkan oleh lokakarya resmi. Teman garasi juga dapat berkonsultasi dengan tim mekanis ahli saat mobil harus menjalani perawatan khusus.


Nah, jika sahabat sudah tahu cara merawat mobil mesin diesel, berikut adalah 3 rekomendasi mobil mesin diesel bekas yang bisa menjadi pilihan teman yang ingin mengusulkan ke mobil mesin diesel.

Baca Juga :

Tips Merawat Mobil Diesel Dengan Mudah Dan Tepat


Tips Merawat Mobil Mesin Diesel


Isuzu mu-x

Isuzu memahkotai dirinya sebagai raja mobil diesel. Semua mesin diesel yang dipasarkan Isuzu menggunakan mesin diesel, dan salah satu yang terbaik adalah Isuzu MU-X. Mobil SUV ini menawarkan kenyamanan bagi 7 orang ke belakang dan dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru dan terbaik di kelasnya.

Isuzu Mu-x

Mesin diesel ini juga memiliki mesin yang kuat, andal, dan ekonomis berkat Vgs Turbo ISUZU 2.5L CommonRail (sistem geometri variabel) yang dapat menghasilkan daya mencapai 136 PS pada 3.400 rpm dan 32,6 kgm torsi pada 1.800 hingga 2.800 RPM


Toyota Kijang Innova

Tidak ada yang meragukan kemampuan Toyota Kijang Innova sebagai salah satu mobil keluarga terbaik di Indonesia. Mobil ini dipasarkan dalam 2 varian mesin, yaitu mesin bensin dan mobil mesin diesel. Nah untuk varian diesel menggunakan mesin FTV 2GD 4 silinder dengan 16 katup dan VNT Intercoolers.

Kijang Inova

Mesin kapasitas 2.393cc dapat menghabiskan 149 PS pada 3,400 rpm dan 34,9 kg torsi pada tingkat 1.900 hingga 2.800 rpm. Toyota juga menyelesaikannya dengan sistem pengereman ABS + EBD yang membuat kontrol pengereman menjadi lebih baik dan lebih aman saat mengemudi.


Toyota Fortuner

Pasti banyak yang bermimpi bisa membeli Toyota Fortuner. Mobil ini menawarkan desain sangat gagah yang dipadukan dengan kemewahan pada segi interior. Selain itu, tersedia pula varian mobil mesin diesel yang menggunakan mesin bertipe 2GD FTV, 4 Cylinders In-Line, 4 Valve, DOHC, VNT Intercooler dengan kapasitas 2.393cc, Mobil mesin diesel tersebut mampu memproduksi tenaga mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40.8 kgm pada 1.600 sampai 2.000 rpm.

Toyota Fortuner


Itulah tips merawat mobil mesin diesel dan 5 cara perawatannya. Semoga bermanfaat untuk teman yang menyukai mesin diesel.